15 Alasan Cewek Kamu Selingkuh Sama Cowok Lain

0
501

15-alasan-kenapa-cewek-kamu-selingkuhPerselingkuhan dalam hubungan percintaan itu bukan sebuah hal yang baru kita dengar. Perselingkuhan justru sesuatu yang sudah biasa terjadi, dan mungkin pernah atau bakal terjadi juga dalam hubungan kamu. Walaupun selingkuh itu sudah biasa, tapi tetap saja selingkuh itu bukan hal yang sebaiknya dibiasakan.

Saat cewek kamu selingkuh dengan pihak ketiga, wajar memang kalau kamu menyalahkan si doi. Tapi sebenarnya, ada banyak alasan cewek kamu selingkuh dan beberapa diantaranya adalah karena kesalahan kamu sendiri.

Terkadang kamu melakukan kesalahan demi kesalahan yang akhirnya bikin cewek kamu ilfil. Tapi karena cewek adalah mahkluk emosional yang aneh, mereka kadang tidak tega memuntahkan kata putus ke pacarnya. Tapi karena kebutuhan akan kasih sayang yang besar, si cewek jadinya berpindah hati ke cowok yang lebih bisa diandalkan.

Saya tidak bilang selingkuh itu benar. Maksud saya, ada beberapa alasan selingkuh yang pada dasarnya berasal dari kesalahan kamu sendiri dan sebenarnya masih bisa dihindari. Pada artikel ini akan saya berikan 15 alasan cewek kamu selingkuh, agar kemungkinan terjadinya perselingkuhan dalam hubungan kamu bisa diminimalisir.

1. Kamu Kurang Perhatian

Perhatian itu kuncinya kasih sayang. Bagaimana caranya kamu bisa membuktikan kepada cewek kamu kalau kamu sayang, sementara perhatian kamu ke dia aja nihil? Lalu bagaimana juga si doi bisa tau kalau kamu memang benar sayang, kalau perhatian dari kamu cuma Senen-Kemis?

Perhatian adalah salah satu kebutuhan si doi yang dia harapkan datang dari sosok yang ia sebut pacar (maksud saya ya dari kamu, geblek). Kalau sebagai pacar kamu tidak bisa memenuhi kebutuhan si doi untuk diperhatikan, jangan salahkan si doi untuk mencari perhatian ini dari cowok lain.

2. Kamu Kurang Pengertian

Salah satu alasan cewek selingkuh yang paling sering saya dengar adalah karena kurangnya pengertian dari si pacar. Bagi cowok, masalah ‘kurang pengertian’ ini mungkin jarang menjadi masalah. Karena cowok adalah makhluk logis sederhana yang komunikatif kan? Bedanya, cewek adalah mahkluk emosional alay yang lebih suka ngambek daripada ngomong gamblang. Mereka butuh pengertian ekstra untuk bisa disenangkan.

Sudah menjadi tanggungjawab kamu sebagai pacar untuk mengerti cewek kamu beserta segala bentuk kerumitannya. Biarkan si doi menjadikan kamu tempat curhatnya di setiap waktu (walaupun saya akui curhatan cewek terkadang sama membosankannya dengan memilihara kura-kura). Cobalah mengerti cara menangani cewek kamu yang lagi marah atau menghadapi cewek kamu yang lagi ngambek. Karena tanpa pengertian-pengertian kecil seperti ini, si doi bisa jadi ilfil dan berpindah hati sama cowok yang lebih pengertian, penulis artikel ini misalnya.

3. Kamu Egois

Saya mengerti setiap orang punya ego yang harus dipuaskan. Dan saya juga mengerti bahwa cowok rata-rata punya ego yang jauh lebih besar ketimbang cewek. Tapi selain ego, cowok juga punya otak kan?

Sebagai mahkluk yang cukup beruntung untuk tidak harus mengalami PMS, kita seharusnya bisa menahan ego sekali-kali demi menyenangkan pacar. Hubungan yang sehat adalah hubungan yang memuaskan ego kedua belah pihak dan tidak timpang sebelah. Pelajari cara menahan ego kamu di saat-saat yang tepat biar cewek kamu tidak harus memuaskan egonya sama selingkuhan baru.

4. Si Doi Terlalu Bebas

Alasan cewek kamu selingkuh yang satu ini tidak lain dan tidak bukan berasal dari kesalahan kamu sendiri. Salah satu fungsi pacar yang fundamental adalah memberikan pengawasan pergaulan terhadap pacarnya. Kalau kamu berprinsip “saya tidak akan mengekang pacar saya”, jangan salahkan doi kalau tiba-tiba bergaul kebablasan kayak kuda liar.

Jangan samakan membatasi pergaulan dengan mengekang pergaulan. Kamu memang tidak sebaiknya mengekang pergaulan cewek kamu, karena kamu bukan neneknya. Tapi sebagai pacar kamu bertanggungjawab untuk membatasi pergaula dan mengingatkan si doi bahwa menjaga jarak dengan cowok lain adalah bagian dari tanggungjawab yang datang sepaket dengan predikat pacar.

5. Kamu Terlalu Percaya

Hubungan kamu boleh saja berlandaskan kejujuran dan transparansi. Tapi selama yang kamu pacari masih dalam kategori spesies manusia, kecacatan pada kejujuran pasti selalu ada. Dan kecacatan pada kejujuran ini (alias bohong) justru biasanya datang karena si pelaku merasa ada kesempatan dan merasa kemungkinan besar tidak akan kedapatan. Dan kamu menciptakan kedua hal tersebut ketika kamu terlalu percaya sama si doi.

Percaya sama pacar tentu saja barang yang wajib. Tapi 100% percaya sama makhluk fana lain, bahkan calon istri kamu sendiri, bukan hal yang saya sarankan. Kalau kamu memberikan kebebasan berlebihan kepada si doi berdasarkan rasa percaya yang terlalu fanatik, jangan salahkan doi jika berakhir selingkuh di belakang kamu. Toh, dia akan berpikir kamu tidak akan percaya kalau dia selingkuh.

6. Kamu Juga Gak Setia

Rasanya agak ironis kalau kamu berharap pacar kamu setia tapi kamu sendiri tidak menunjukkan kesetiaan. Kebanyakan cowok memang sangat percaya diri denga kemampuan berselingkuhnya. Di artikel sebelumnya memang sudah sempat saya tuliskan cara berselingkuh yang baik yang mana bisa membantu kamu untuk selingkuh tanpa ketahuan 3 atau 4 pacar sekaligus.

Tapi masalahnya, terkadang berita selingkuh kamu bisa sampai ke si doi dari sumber-sumber yang tidak bisa kamu prediksi. Dan masalah kedua, terkadang cewek kamu tidak langsung melabrak atau memutuskan, tapi membalas dendam dengan cara yang sama. Kalau sudah begini, kamu juga tidak ada hak lagi untuk melarang cewek kamu selingkuh kan?

7. Kamu Pernah Bohong

Saya sering memberian analogi seperti ini: dalam hubungan, kejujuran adalah fondasi dan rasa percaya adalah dindingnya. Dalam hubungan, kalau kamu sudah pernah kedapatan bohong, sekali saja tentang apa aja, ini sudah bentuk kecacatan pada fondasi hubungan kamu. Dengan cacatnya fondasi, dindingnya tidak akan begitu kokoh berdiri dan cuma butuh sedikit guncangan buat bikin hubungannya runtuh.

Kalau fondasi kejujuran dalam hubungan kamu sudah pernah cacat karena kebohongan kamu, banyak masalah yang bisa datang ke depannya. Ini bukan cuma jadi alasan cewek kamu selingkuh tapi juga bisa jadi alasan yang bikin cewek kamu ilfil dan akhirnya minta putus.

8. Kamu Tidak Jaga Jarak

Ketika kamu sudah dilantik menjadi pacar, salah satu ‘program kerja’ kamu sehari-hari adalah menjaga jarak dengan mahkluk lain yang kamu sebut cewek. Ya, kamu ada kewajiban untuk menjaga pergaulan kamu demi mengurangi risiko terjebak perselingkuhan atau sekedar untuk menjaga perasaan pacar kamu.

Kalau kamu tidak membatasi pergaulan dengan lawan jenis, berikut ini kira-kira kemungkinan skenario buruk yang bisa terjadi: si doi mulai cemburu buta karena kedekatan kamu dengan teman-teman cewek. Dia berusaha membuat kamu merasakan hal yang sama dengan bergaul bebas juga sama teman-teman cowoknya. Tapi kamu masih juga gak merespon. Jadinya si doi galau dan terpaksa harus curhat ke salah satu teman cowoknya tadi. Dan dari curhat tersebut, diterkam lah cewek kamu oleh si cowok tadi, yang kebutulan juga adalah pembaca bandit cinta atau mungkin penulisnya. Parah kan?

9. Kamu Kurang Pede

Saya pernah menulis soal hal yang disukai cewek dari cowok beberapa waktu yang lalu. Dari sekian banyak poinnya, salah satu yang paling penting adalah rasa percaya diri alias pede. Cewek sangat suka dengan cowok yang punya kepercayaan diri. Terlepas dari kenyataan bahwa cewek tersebut sudah punya pacar atau tidak. Di titik ini kamu sudah mulai ngerti maksud saya kan?

Kalau kamu kehilangan kepercayaan diri, karena alasan apapun itu, cewek kamu bisa saja kehilangan simpatinya terhadap kamu. Ini juga sudah saya sebutkan di artikel 20 hal yang bisa bikin cewek ilfil. Saat doi sudah kehilangan simpatinya, sangat besar kemungkinan si doi bisa jatuh hati sama cowok lain yang punya rasa percaya diri lebih besar. Kalau cewek kamu kurang iman, bisa aja dia terjebak dalam perselingkuhan.

10. Kalian Kurang ‘Lengket’

Yang membuat hubungan kamu semakin lengket dengan pacar adalah komunikasi dua arah yang dilakukan secara langsung. Dalam artian ada kontak mata dan sedikit sentuhan di sana-sini. Setiap kali kamu ngobrol dengan pacar, sambil menatap matanya, sambil megang tangannya dengan jarak yang cukup dekat untuk mencium baunya, ini akan membuat kalian berdua makin tergila-gila (kecuali lagi-lagi kamu bau ketek).

Ini kenapa saya tidak pernah menyarankan siapapun untuk melakukan LDR. Ada beberapa aktivitas meningkatkan kualitas hubungan yang tidak bisa kamu lakukan dengan LDR, salah satunya adalah berkomunikasi langsung seperti yang saya jabarkan di atas atau sekedar menghabiskan waktu bersama dalam aktivitas sehari-hari. Tanpa hal-hal ini, kalian tidak akan cukup lengket untuk bisa menahan salah satu atau kedua belah pihak dari perselingkuhan.

11. Hubungan Kamu Membosankan

Pacaran bisa saja jadi kegiatan yang membosankan. Kencan yang tadinya menyenangkan berubah jadi sekedar kewajiban. Jangan salahkan ceweknya, bung. Kamu sebagai cowok dan pembuat keputusan punya tanggungjawab penuh untuk kreatif membuat hubungan kamu tidak membosankan.

Kalau otak kamu yang sederhana itu agak kesulitan untuk membuat aktivitas-aktivitas spontan dalam ritual berpacaran kamu, setidaknya coba lakukan kegiatan kencan yang tidak monoton. Baca lagi artikel tempat kencan murah tapi romantis yang sudah pernah saya tulis sebelumnya.

12. Kamu Masih Dekat Sama Mantan

Hubungan kamu dengan si doi adalah persoalan masa depan. Masa lalu dengan mantan adalah persoalan yang sudah seharusnya kamu timbun dengan tanah gembur dan tidak perlu dibawa-bawa lagi dalam hubungan kamu yang baru. Kalau kamu masih ada kontak dan masih dekat sama mantan, jangan heran kalau pacar kamu juga mencari pelariannya sendiri lewat pihak ketiga.

Saya akui, memang ada juga segelintir cowok yang dengan kelemahan mentalnya tidak mampu menarik diri menjauh dari bayangan mantan. Kalau kamu salah satu dari mereka, silahkan baca artikel saya sebelumnya soal cara move on dari mantan.

13. Kamu Tidak Punya Visi

Yang bikin cewek jatuh hati dan bisa bertahan dalam hubungan adalah sosok cowok yang punya visi untuk masa depan, baik dalam persoalan komitmen ataupun finansial. Jangan salah kaprah juga bung. Cewek kamu belum tentu matre. Kalau kamu mau lihat perbedaannya, coba baca artikel soal tanda cewek kamu cuma mau memanfaatkan.

Yang saya maksud punya visi soal finansial adalah kamu punya kemauan besar untuk jadi orang sukses. Tidak perduli kalau saat ini kamu masih menyandang predikat pria terkere sedunia. Selama kamu punya visi untuk bisa maju di masa depan, ini akan bikin cewek kamu terus klepek-klepek. Punya visi adalah simbol kesiapan kamu jadi cowok yang bertanggungjawab di masa depan, dan secara realistis cewek memang membutuhkan ini. Kalau visi kamu cuma mau senang-senang seumur hidup dengan cita-cita yang sedangkal genangan becek, jangan heran kalau cewek kamu berpindah hati ke cowok yang lebih visioner, seperti penulis artikel ini misalnya.

14. Kamu Bikin Cewek Kamu Ilfil

Di artikel sebelumnya sudah pernah saya sebutkan bahwa ‘ada ribuan alasan yang membuat wanita selingkuh, tapi cuma ada 1 orang yang bisa menyebabkannya’. Well, mungkin tidak selalu seperti itu. Tapi sebagian besar perselingkuhan cewek terjadi karena kegagalan cowoknya untuk mempertahankan rasa sayang ceweknya.

Kalau kamu berhasil membuat cewek kamu ilfil dalam hubungan, jangan salahkan doi kalau menjadikan ini sebagai alasan untuk selingkuh. Dan jangan menganggap membuat cewek yang sudah jatuh cinta jadi ilfil itu sulit. Baca lagi artikel 20 hal yang bikin cewek ilfil. Di artikel tersebut kamu akan menemukan fakta bahwa kamu bisa membuat cewek kamu ilfil bahkan tanpa kamu sadari.

15. Cewek Kamu Brengsek Aja

Di poin terakhir ini, saya akan ajak kamu untuk berhenti menyalahkan diri (akhirnya). Karena jujur aja, kemungkinan kamu salah pilih cewek memang selalu ada. Apalagi kalau PDKT kamu tidak diawali dengan cinta buta. Ini pentingnya membahas calon gebetan kamu dengan teman-teman yang tidak sedang terinfeksi cinta sebelum prosesi PDKT dimulai.

Ada ratusan juta populasi cewek yang berkeliaran di kepulauan Indonesia. Rasanya mustahil untuk bilang bahwa tidak ada cewek yang memang brengsek dan gak setia aja. Mereka memperlakukan hubungan pacaran hanya sebagai ajang untuk menseleksi cowok yang lebih baik secara fisik dan materil. Kalau kamu salah pilih pacar dan berakhir diselingkuhi seperti ini, tidak banyak yang bisa kamu lakukan. Untuk menghindarinya, baca lagi artikel soal tanda cewek yang cuma mau memanfaatkan.

Tapi kalau mau dipikir-pikir lagi, kenapa juga kamu bisa salah pilih cewek sih? (nah kamu lagi yang salah kan? hehe)

SHARE
Saya adalah seorang penulis, pejuang cinta, pemrogram PHP, atlit lempar galah musiman dan pencinta kucing peranakan Persia bermata juling. Misteri terbesar dunia menurut saya adalah fenomena Big Bang dan alasan kenapa saya ada disini...

LEAVE A REPLY