5 Tips Cepat Move On Dari Mantan

0
310

cara cepat move on dari mantanSebuah hubungan percintaan tidak selamanya diisi dengan yang indah-indah saja. Terkadang terjadi salah paham, terkadang terjadi pertengkaran dan terkadang terjadi bencana seperti putus yang dibarengi prosesi tonjok-tonjokan dan tawuran. Itu sudah biasa…

Putus dan nyambung adalah bagian dari proses belajar dan saling mengenal dalam sebuah hubungan. Jangan tanggapi putus kamu dengan linangan air mata darah yang lebay, karena jujur aja, putus cinta bukan akhir dunia.

Saya pribadi sudah mengalami putus cinta terlalu sering sampai saya sendiri lupa tepatnya berapa kali. Putus cinta memang berarti kegagalan hubungan. Tapi satu hal yang selalu saya dapatkan dari putus cinta: pengalaman dan kedewasaan untuk hubungan berikutnya.

Move on dari mantan tidak pernah jadi masalah buat saya karena saya TAU caranya. Dalam artikel ini akan saya bagikan formula untuk move on dari bayangan dan kenangan mantan yang sudah sering saya gunakan. 5 tahap yang mudah dan sederhana saja sebenarnya.

Buat kalian yang galau-galau pasca putus cinta, kita langsung lompat aja ke poin pertama.

1. Bulatkan Tekad

Move on dari mantan bukan perkara yang gampang, terutama kalau hubungan kamu sudah mencapai usia tahunan. Tentu saja banyak kisah, kenangan dan struk tagihan traktiran yang tersimpan di memori dan dompet kamu. Melupakan si mantan tidak hanya bisa dilakukan dengan pernyataan verbal, tapi harus dengan tindakan yang dimotori oleh motivasi dan tekad yang bulat.

4 poin yang akan saya jabarkan berikutnya adalah langkah-langkah yang sederhana aja sebenarnya. Tapi 4 hal tersebut bakalan susah kamu lakukan kalau di hati kamu aja cuma setengah-setengah untuk move on. Jadi langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah membulatkan tekad. Apakah kamu yakin akan melupakan mantan once and for all, atau kamu merasa si mantan masih pantas untuk diperjuangkan? Biar gampang memutuskan, baca lagi artikel 3 jenis mantan yang sebaiknya kamu hindari.

Kalau di poin pertama kamu memutuskan untuk tetap memperjuangkan mantan kamu, saya sudah berikan 5 cara yang baik mengajak mantan balikan di artikel sebelumnya. Kalau kamu memutuskan untuk melupakan si mantan dan move on, silahkan lanjut baca artikel ini.

Walaupun kamu sudah memutuskan untuk melupakan si doi, terkadang si doinya sendiri yang malah masih ngarep untuk balikan ke kamu. Kalau kamu sudah bertekad bulat, jangan sampai keinginan balik si mantan merubah pendirian kamu. Untuk menghindari itu, baca artikel-artikel ini:

Kalau sudah siap, kita langsung masuk ke poin berikutnya dan mulai bertindak!

2. Bakar Pemberiannya

Pemberian adalah kenangan si mantan dalam wujud benda padat (kecuali kalau si mantan pernah ngasih kamu racun cair). Semua yang berhubungan dengan kenangan + mantan adalah hal pertama yang wajib dibumi hanguskan demi kelancaran proses move on kamu. Jadi pemberian si mantan sebaiknya kamu bakar.

Proses ini mungkin sedikit berbahaya karena melibatkan minyak tanah, korek api dan risiko kosan kamu kebakaran. Tapi setiap pemberian dari mantan, apapun bentuknya itu, akan kembali mengingatkan kamu kepada momen saat diberikan, momen saat kamu gunakan sama si mantan dan momen-momen lain yang terkait dengan itu. Jadi selama semua pemberian itu masih nongkrong di kamar kamu, bayangan si mantan tidak akan pernah lepas.

3. Hapus Kontaknya

Tidak ada alasan pembenaran yang logis untuk menyimpan nomer kontak si mantan kalau memang kamu sudah dengan bulat memutuskan untuk melupakan si doi. Nomer kontak si mantan di hp kamu itu seperti ‘undangan’ untuk kembali menghubungi dia sekedar untuk say hello, tanya kabar dan basa basi yang biasanya akan diikuti pertanyaan-pertanyaan yang nyenggol soal hubungan lama (bleh basi).

Semua hal yang bisa menghubungkan kamu dengan si mantan dan segala kenangannya harus diputuskan pada proses move on ini. Jadi hapus semua kontak si mantan, mulai dari nomer telepon, email, sosmed sampai kontak telepati kalau kalian dulu memang bisa. Jangan biarkan adalah celah buat kamu menghubungi si mantan lagi ataupun sebaliknya.

4. Jangan Curhat!

Banyak yang bilang bahwa curhat adalah cara untuk meringankan beban pikiran. Luapan hati yang tadinya dipendam sendiri bisa jadi plong setelah dibicarakan dengan orang yang kita percayai. Dalam kebanyakan kasus, ini memang benar. Tapi untuk hal-hal yang berusaha kamu lupakan, terutama soal mantan, curhat adalah solusi yang goblok. Saya akan jelaskan kenapa:

  • Salah satu guna curhat adalah mencari solusi masalah. Untuk sebuah hubungan yang sudah berakhir, tidak ada lagi solusi yang diperlukan. Jadinya curhat cuma buang-buang energi.
  • Kamu terbebani bukan masalah putus, tapi karena kamu masih mengingat si mantan. Curhat justru bikin kamu membicarakan orang yang sebenarnya sedang berusaha kamu lupakan. Ini akan membuat kamu semakin susah melupakan si mantan.

Jadi apapun dan bagaimanapun keadaannya, haramkan curhat soal si mantan kepada siapapun.

5. Cari Pacar Baru

Jangan salah kaprah. Cari pacar baru saat sedang dalam proses move on tidak berarti mencari pelampiasan. Ini justru adalah alat bantu yang baik untuk melupakan si mantan. Saya akan jelaskan kenapa.

Untuk sebuah alasan yang konyol, kamu masih sering mengingat si mantan. Padahal ketika kata putus sudah diketuk palu, ini sudah menjadi bukti bahwa kamu dan si mantan bukan dua sejoli yang cocok. Faktanya, ada banyak orang lain yang lebih baik daripada si mantan diluar sana yang hanya perlu kamu temukan.

Nah, dengan menemukan pacar baru, kamu bisa mendapatkan pembanding yang nyata. Kalau kamu beruntung mendapatkan pacar yang jauh lebih baik daripada si mantan, ini bisa menjadi alasan logis kamu untuk tidak lagi ngarep sama si mantan dan move on untuk fokus pada hubungan baru kamu.

Kesimpulan

Ingat fakta bahwa kamu dan si mantan memang sudah tidak cocok. Itu adalah alasan kenapa kata putus harus terlontar tempo hari. Tapi ingat juga bahwa putus bukan akhir dunia. Kamu bisa saja mengejar lagi mantan kamu kalau kamu merasa dia memang pantas. Dan kalaupun kamu memutuskan untuk melupakan dia, itu juga bukan hal yang sulit dilakukan asalkan ada tekad dan niat yang bulat.

Lakukan 5 poin di atas kalau kamu bertekad bulat untuk melupakan si mantan. Dengan 5 poin di atas, move on dari mantan hanya akan terasa seperti melupakan menu makanan yang kamu lahap kemarin siang. Sederhana kok.

Mudah-mudahan ada manfaatnya bagi para bandit cinta yang galau.

Admin cakep, out!

SHARE
Saya adalah seorang penulis, pejuang cinta, pemrogram PHP, atlit lempar galah musiman dan pencinta kucing peranakan Persia bermata juling. Misteri terbesar dunia menurut saya adalah fenomena Big Bang dan alasan kenapa saya ada disini...

LEAVE A REPLY